Tuesday, August 1, 2017

My Backbone is Back (Part 1)

Backbone atau tulang punggung merupakan tulang yang berfungsi sebagai penopang tubuh manusia (setidaknya itu yg saya pahami). Berbagai macam otot dan organ dalam tubuh menempel padanya. Tulisan ini saya buat untuk mengingatkan saya agar selalu bersyukur dan pasrah sama Allah SWT dan ini merupakan pengalaman saya pribadi, bagaimana saya akhirnya (insyaallah) bisa pasrah dan menyerahkan segala urusan dunia kepada Allah SWT.

Setelah lama tidak berolahraga rutin, pada akhir tahun 2015 kira2 bulan Oktober saya meniatkan diri untuk rutin olah raga. Mengingat dulu alhamdulillah pernah jadi wakil dari sebuah kota dan kerjaan tiap hari cuma duduk didepan komputer dan laptop menjadikan badan saya kurang fit dibandingkan dulu ketika masih aktif berolahraga.

HIIT (High Intensive Interval Training) merupakan olahraga yang terdiri dari serangkaian gerakan yang dilakukan dengan interval waktu tertentu. Olahraga ini saya pilih karena efek dari bukunya Deddy Corbuzier yaitu OCD. Dalam buku tersebut juga ada HIIT tapi namanya lain yaitu O7W (OCD 7 Minutes Workout).
Rangkaian gerakan HIIT yang saya lakukan pun saya pilih dan sesuaikan dengan apa yg menurut saya bisa membuat badan saya fit. Berikut adalah gerakan yang saya lakukan.

- Jumping jacks
- Sit against the wall
- Push up
- Stomach crunch
- Up and down the stairs
- Squat
- Dibbs
- Running still
- Back up
==================
Variasi Push-up, plank, dan lunge
- Push up plank
- Push up Side plank
- Kneel lunge (side left/right)
- Side lunge
- Side plank (side left/right)
- Running plank

Setiap gerakan diatas dilakukan selama 30 detik dan istirahat dianta gerakan dilakukan selama 10 detik, jadi total satu set (9 gerakan) 350 detik atau kurang lebih 6 menit. Saya lakukan setiap hari paling tidak 3 set jadi total dalam sehari saya berolahraga selama 18 menit. Hasilnya badan lebih segar, berat badan naik (alhamdulillah), dan lebih bersemangat.

HIIT saya lakukan selama kurang lebih 1,5 bulan sampai pada akhirnya saya membeli dumbbell set 20kg untuk mendukung aktifitas olahraga yg saya lakukan (keracunan OCD plus tergiur dr testimoni para OCDivers yg berhasil, hahaha). Jadilah setelah selesai melakukan HIIT, olahraga saya tambah dengan angkat2 dumbell, dan semua aktifitas olahraga yang saya sebutkan, saya lakukan sendiri didalam kamar kosan (merasa yakin, gengsi, dan soktau).


Tanggal 24 Januari 2016 merupakan hari yang sangat istimewa untuk saya. Hari dimana saya mengucap janji untuk menjadi suami bagi seorang wanita yang merubah hidup saya menjadi lebih baik. (Skip cerita akad) Proses olahraga tetap rutin dilakukan tiap hari, sampai suatu saat di awal bulan februari saya merasa ada yang aneh dengan tubuh saya.

No comments:

Post a Comment