Tuesday, August 7, 2012

[Ubuntu]Membagi Partisi Flashdisk Dengan GParted

"Eh cuy, gue ngopy tugas dong !!" atau "Bro, copas skripsi lo yang bab 3 dong !!" atau malah "kampret !! skripsi gue kena virus !!!!", apakah Anda pernah mendengar kata - kata itu dan sudah mulai muak??!! 
Selamat, saya akan mencoba memerikan satu trik agar Anda selamat dari "copaser" maupun virus windows :P .

Yaitu trik untuk membuat 2 partisi pada flashdisk, satu partisi windows dan satu partisi Linux. Berikut caranya:


  1. Tancapkan Flashdisk ke PC/Laptop.
  2. Buka Gparted (kalau tidak ada, bisa menggunakan LiveCD ataupun LiveUSB), lalu pilih flashdisk yang akan dipartisi. Biasanya /dev/sdb, tapi akan berbeda di masing2 PC/Laptop.


  1. Pilih partisi flashdisk, lalu pada menu Partition, pilih Unmount.



  1. Setelah ter-unmount, pada menu Partition, pilih menu Resize/Move.



  1. Ubah ukuran partisi sesuai kebutuhan. Pada contoh saya membuat 2Gb partisi. Setelah itu klik tombol Resize/Move.


  1. Setelah itu maka partisi akan terbentuk dengan status Unallocated, itu tandanya partisi berhasil dibuat. Klik pada partisi baru tersebut, klik kanan lalu pilih New.




  1. Akan muncul jendela baru, dan ubah keterangan sesuai gambar dibawah. Yang perlu diperhatikan adalah jenis partisi dan tipe file system, lihat pada Create as” dan File System”. Untuk Label, beri nama sesuai keinginan masing2.


  1. Terakhir, klik tanda centang untuk memproses perubahan yang telah dilakukan. Close Gparted, dan silahkan masukkan data2 penting kedalam partisi linux. Ingat, partisi linux tidak akan bisa dibaca di Windows.



Nb: Pada saat malakukan resize/move partisi, lakukan dari belakang agar partisi fat16/fat32/NTFS bisa terbaca di windows. Apabila melakukan dari depan, maka partisi tersebut tidak akan terbaca sama sekali di windows. PARTISI FAT16/FAT32/NTFS DIDEPAN !!!!

File dengan format PDF bisa didownload di sini

1 comment: