Wednesday, August 15, 2012

[Ubuntu] Mengatasi Brightness Pada Laptop Acer 4741


 Jika Anda memiliki masalah yang sama dengan saya yaitu pengaturan brightness tidak berfungsi, mungkin dengan artikel ini bisa membantu.

Disini saya memakai Laptop Acer 4741, yang pengaturan brightness nya menggunakan kombinasi tombol Fn+(kanan/kiri). Dari awal instalasi Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin, pengaturan brightness tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Akhirnya setelah berusaha mencari, ketemu juga pemecahan masalahnya, monggo disimak.

  • Buka Terminal dengan menekan Ctrl+Alt+T, lalu ketikkan sudo gedit /etc/default/grublalu enter, masukkan password jika diminta, lalu enter sekali lagi.
  • Akan terbuka jendela gedit, kira – kira pada baris ke-11, ada kata2 kurang lebih seperti ini: GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash”. Kata – kata tersebut edit menjadi : GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_backlight=vendor".
  • Save gedit lalu close. Berikutnya ketikkan perintah sudo update-grublalu enter.
  • Tutup jendela terminal, restart laptop, lalu perhatikan apa yang terjadi.


At least, it has been tested and worked on ACER 4741. If there's an additional information about a way to solve this issue on global laptop/pc, please leave a comment. Thanks :D

2 comments:

  1. Nama aslinya Abrianto....

    Nick-nya buzzing_bee...

    Ayo main ke blog saya, Kang...

    ReplyDelete
  2. Brightness saya kira bisa diatasi dengan pengaturan di laptopnya dengan mengatur supaya otomatis. Fitur ini sudah ada si smartphone dengan auto brightness yang ada di bar diatas. Jika tidak mengetahuinya bisa-bisa mata kita bisa lelah menatap layar laptop yang cerah banget.

    ReplyDelete