Saturday, January 3, 2009

Ketika Sebuah Kesabaran Diuji

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya bete, sebel, jengkel, marah, dsb. Atau malah dibikin marah ato dicuekin?? Pasti sering…
Tapi sebenernya kalo kita sabar, semua itu ga akan terjadi kok. Banyak orang bilang sabar itu ada batasnya, tapi kalo menurutku, sabar itu tak terbatas. Menjadi terbatas apabila menjaga harga diri, keluarga, dan agama. Tapi itu bukanlah batas, tapi sebuah ketegasan.

Menunggu adalah hal yang paling sering bikin kesabaran kita agak goyang, tapi sebenernya menunggu adalah pekerjaan yang menyenangkan kalo kita bisa memanfaatkan. Lihat lingkungan ditempat Anda menunggu, disetiap kejadian yang ada, coba pelajari dan ambil sesuatu yg bermanfaat.

Dicuekin. Wah pasti sakit hati banget kan kalo kita lagi enak2 ngobrol sama orang lain trus tiba2 dia nyuekin gitu aja. Tapi coba ita kembaliin sama diri sendiri, kita dicuekin karna dulu kita juga pernah nyuekin orang lain. Contoh nyata waktu kita lagi duduk di bangku sekolah, ga jarang kita sebagai siswa ngerasa bosen sama “ocehan” bapak/ibu guru didepan kelas dan kita malah dengan santainya ngobrol sama temen2 kita.

Apalagi waktu kita menjalin hubungan dengan seseorang, saat lagi dilanda cobaan apapun itu, kita dituntut untuk bersikap dewasa dan yang pasti, kita bisa sabar dengan cobaan itu apa nda’? sebenarnya sabar adalah jalan terakhir kalo kita udah nglakuin berbagai macam cara untuk menyelesaikan masalah itu dan belum berhasil juga.

Coba kita lihat buaya. Buaya adalah hewan yang terkenal buas. Tapi berkat kesabarannya nunggu dibawah air biar mangsa yg diincer bisa didapetin. Contoh lagi singa, singa berburu mangsanya mengendap-endap di semak2 ndeketin mangsa dan menunggu waktu yg tepat. Ada lagi cicak, dengan sabarnya mereka nunggu nyamuk ndeket kearah cicak, trus kalo ga dapet apakah pernah seekor cicak, singa, dan buaya mengeluh dan berhenti??? Sama sekali nda’ to?? Masa kita MANUSIA sebagai ciptaan yang paling sempurna kalah sama BINATANG yang derajatnya jauh lebih rendah dari manusia??

Bersabarlah Karena Allah ! seberapa pun besarnya permasalahan yang kita hadapi, tetaplah bersabar. Karena kemenangan itu sesungguhnya akan datang bersama dengan kesabaran. Jalan keluar datang bersama kesulitan. Dan, dalam setiap kesulitan itu ada kemudahan.

Jadi, BERSABARLAH

No comments:

Post a Comment