Thursday, July 7, 2011

[Windows] Mengatasi Virus Conficker

Hari ini, saya ditelfon oleh System Engineer kantor dan saya diminta untuk membersihkan virus Conficker yang menginfeksi salah satu komputer personalia. Saya hanyalah teknisi yg hanya sedikit tahu mengenai virus, kenapa? Karena selama ini saya sudah lama tidak berurusan dengan virus karena saya pake Linux Ubuntu, jadi yaa bisa dibilang aman laah.. :D

Jadi saya diberitahu oleh sang System Engineer dan juga antivirus engineer untuk melakukan patch terhadap komputer korban. Awalnya saya pikir melakukan patch untuk upgrade dari Windows XP Service Pack 2 ke Service Pack 3, ternyata yang dimaksud bukanlah patch untuk itu, tetapi melakukan patch security update windowsnya...oalaaah..hehe (sok ngerti ya gue..^_^).

Lalu dengan petunjuk arahan dari sang system engineer ara melakukan patch yang benar, mulailah saya “sembuhin” komputer korban. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Copykan file patch conficker dan the Latest Security Update (bisa didapat dari Microsoft) kedalam flashdisk. Dalam hal ini, file patch dan security update berada dalam komputer yg sehat alias bersih dari virus apapun.
  2. Cabut kabel LAN dari komputer korban, karena virus Conficker menyebar via jaringan, lalu lakukanlah Virus Scanning secara menyeluruh. Bisa menggunakan antivirus seperti SmadAV, PCMAV 5, dll.
  3. Setelah scanning selesai, lakukanlah patch ke komputer korban.
  4. Selesai patch, restart komputer, scan ulang komputer. Jika telah bersih, maka insyaallah komputer sudah bersih.
  5. Pasang kembali kabel LAN, dan silahkan bekerja kembali.
Cara ini bisa berubah – ubah sesuai dengan keadaan, disini saya hanya menjelaskan cara standard untuk membersihkan virus conficker. Untuk cara yang lebih advance, silahkan tanya mbah Google, atau bisa ke forum – forum komputer.

Note: pake Linux insyaallah lebih aman dari virus, makanya saya pakai Linux Ubuntu (^_^)V


Happy Computing

No comments:

Post a Comment